Syarah Hadith Arbain oleh Syaikh Uthaimin : Pengantar Penerbit

Februari 2, 2012 § 1 Komen

PENGANTAR PENERBIT

Segala puji hanya bagi Allah, kami memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, kami berlindung kepada Allah dan kejahatan diri-diri kami dan kejelekan amal perbuatan kami. Barangsiapa yang Allah ben petunjuk, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan barangsiapa yang Allah sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk.

Aku bersaksi bahwasanya tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad adalah hamba dan RasulNya.

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya, dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (QS. Al ‘Imran: 102)

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakanmu dan din yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya, dan daripada keduanyaAllah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (menggunakan,) Nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalab) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.” (QS. An-Nisaa’: 1)

Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu, Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (QS. A1-Ahzaab: 70-71)

Amma ba’d:

Sesungguhnya sebenar-benar ucapan adalah Kitabullah (al-Qur-an) dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad (as-Sunnah). Seburuk-buruk perkara adalah perkara yang diada-adakan (dalam agama), setiap yang diada-adakan (dalam agama) adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah sesat, dan setiap kesesatan tempatnya di Neraka.

Wa ba ‘d:

Alhamdulillah, merupakan pertolongan dan Allah bahwa Dia memudahkan kami untuk menerbitkan satu buku terjemahan dan karya seorang ulama pembela Ahius Sunnah, Syaikh Muhammad bin Shalih al-’Utsaimin yang sangat bernilai.

Kali ini beliau mensyarah (memberikan penjelasan) kitab Arba’in an-Na wawiyyah karya seorang imam besar al-Hafizh Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf an-Nawawi, yang lebih di kenal dengan nama Imam an-Nawawi (wafat 676 H), semoga Allah merahmatinya. Bagi pemerhati dan pecinta karya-karya asy-Syaikh al-’Utsaimin, bukan rahasia lagi, nampak jelas bahwa —subhaanallah— keilmuaan beliau berada pada tingkat yang dikehendaki Allah.

Banyak ulama yang mensyarah kitab al-A rba’in ini, namun yang ini istimewa. Sebagaimana biasanya, dengan bahasa yang sangat rnudah difahami oleh umum, beliau mengupas hadits-hadits Nabi dengan lugas, jelas dan gamblang. Hampir tidak ada yang beliau keluarkan darinya, melainkan seluruhnya nampak bersinar menerangi hati, membimbing perilaku, dan memberikan motivasi beramal yang tinggi kepada kita, serta membersihkan sekaligus mengokohkan ‘aqidah kaum muslimin, insya Allah.

Dan salah satu ciri khas beliau dalam berbagai karyanya yang bertebaran, adalah beliau sangat ahli dalam mengambil istinbath hukum, lalu mengaitkannya dengan masalah-masalah kekinian yang aktual. Beliau pun sangat piawai dalam menyusun faidah-faidah dan setiap hadits dengan sangat mendetail namun sangat mudah untuk dicerna. Seorang pelajar akan puas dengan lengkapnya pembahasan berharga yang beliau kemukakan, dan kaum awam pun akan dapat melepaskan dahaganya dalam kesejukan bahasan-bahasan yang beliau persembahkan. Dan insya Allah, buku ini sangat cocok untuk para penuntut ilmu, para penceramah, para khathib, dan masyarakat umum lainnya.

Kelebihan lain dan buku ini, bahwa Yayasan Kebajikan Syaikh Muhammad bin Shalih al-’Utsaimin (Mu-assasah asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-’Utsaimin al-Khairiyyah) telah menunjuk Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Nashir as-Sulaiman untuk memberikan takhrij (keterangan khusus yang berkaitan dengan periwayatan) hadits maupun atsar (selain hadits, berupa perkataan atau perbuatan Sahabat atau Tabi’inPefi) yang tercantum dalam buku ini.
Kami (Penerbit Pustaka Ibnu Katsir) pun berusaha melengkapi takhrij ini dengan mencantumkan penshahihan hadits dan ulama ahli hadits abad ini (Syaikh Nashiruddin al-Albani 1) dan ulama ahli hadits lainnya. Hal ini insya Allah akan membuahkan ilmu yang yakin dan pemahaman yang menenteramkan, yang selalu kita dambakan dalam setiap amal ibadah kita dalam rangka mencari keridhaan-Nya.

Dan untuk lebih menyempurnakan sajian ilmiah ini, kami pun menambahkan judul-judul pokok dan setiap hadits, serta sub-sub judul yang cukup banyak, agar setiap pembaca dapat dengan mudah menyimpulkan satu materi kajian, atau menjadi ringan dalam mencari pokok-pokok bahasan yang diinginkannya. Tambahan-tambahan dan kami (Penerbit Pustaka Ibnu Katsir), baik berupa judul-judul pokok, sub-sub judul, maupun penshahihan hadits dan keterangan-keterangan lainnya, kami tandai dengan kurung siku ([…]) atau superscript (.Pent), atau kedua-duanya.

Semoga Allah Ta’ala memberikan balasan dengan rizki yang mulia (Surga) kepada Imam an-Nawawi, Syaikh al-’Utasimin, kedua penyusun dan pentakhrij karya al-’Utsaimin ini, juga penerjemah, penerbit dan semua pihak yang terlibat dalam penyebaran ilmu yang berharga ini.

Walhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin.

Bogor,
Mei 2008 M
Jumadal Ula 1429 H
Penerbit
PT. Pustaka Ibnu Katsir

beli di galeriniaga.

§ One Response to Syarah Hadith Arbain oleh Syaikh Uthaimin : Pengantar Penerbit

  • Izzat berkata:

    Salam..saya ingin tanya soalan..adakah buku ini ditulis sendiri oleh Syaikh Uthaymeen atau ditulis oleh muridnya hasil rakaman kuliahnya? Kerana saya keliru dengan penyataan di mana di belakang buku ini dan juga di pengantar penerbit menyatakan bahawa Uthaymeen sendiri tulis buku ini…tetapi pada muqaddimah penerbit..ia menyatakan bahawa buku ini ditulis oleh muridnya daripada rakaman kuliahnya….

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Syarah Hadith Arbain oleh Syaikh Uthaimin : Pengantar Penerbit at Kitab Hadith dan Syarah Hadith.

meta

%d bloggers like this: